Beranda/Blog /
Cara Mengecek Garansi Laptop HP (Update 2025)
Cara Mengecek Garansi Laptop HP (Update 2025)
Memastikan masa garansi laptop HP Anda masih aktif adalah langkah penting, terutama jika perangkat mengalami masalah teknis atau kerusakan.
Garansi resmi dari HP dapat membantu Anda mendapatkan layanan servis atau penggantian unit tanpa biaya tambahan.
Di artikel ini, kami akan membahas cara terbaru dan paling mudah untuk mengecek status garansi laptop HP Anda secara online.
Panduan ini diperbarui tahun 2025 dan relevan untuk berbagai model HP, mulai dari seri Pavilion hingga ProBook.
Cara Mengecek Garansi Laptop HP dari Website
Cara Pertama yang akan kita bahas adalah mengecek masa garansi perangkat HP via web.
Jadi disini Anda haruslah menggunakan browser dan mungkin menggunakan perangkat PC / Laptop.
Kita mulai ya tutorialnya.
Pertama kalian buka browser. Kemudian ketikkan alamat support.hp.com/id-en di kolom url browser. Kemudian tekan enter di keyboard untuk menuju halaman support HP.
Kedua, kalian scroll menuju halaman paling bawah dari web support HP Sobat cari pada tab Dukungan dan pilih / klik Cek Status Garansi. Kemudian kita akan diarahkan ke tampilan untuk garansi https://support.hp.com/id-en/checkwarranty
Ketiga, pada tampilan Product Warranty Check kalian ketikkan serial number yang tertera pada perangkat Laptop, PC, Printer, dll dari HP. Anda bisa cek pada stiker yang menempel di perangkat.
Atau untuk perangkat komputer anda bisa mengeceknya melalui Command Prompt / CMD dengan perintah, “wmic bios get serialnumber“.
Pada tampilan Check a single product warranty anda bisa memilih Country/Region terlebih dahulu dan biasanya ini juga sudah terisi otomatis. Namun jika tidak terisi, bisa anda isikan dengan manual .
Selanjutnya anda ketikkan SN (serial number) perangkat pada kolom Serial Number. Setelah itu anda klik tombol Check Warranty untuk melihat detail garansi perangkat HP anda.
Melihat Product ID Laptop HP
Sekedar tambahan pada beberapa case kita juga diminta untuk memasukkan produk id laptop HP,
Nah untuk melihat produk ID, Anda bisa dapatkan dengan cara ketik “msinfo32” pada Run
Buka jendela Run Tekan tombol Windows + R di keyboard secara bersamaan .
Ketik msinfo32 lalu tekan Enter Ini akan membuka jendela System Information .
Cari bagian “System Model” dan “System SKU” Di panel sebelah kanan, cari informasi seperti:
System Manufacturer: Biasanya akan tertulis HP.
System Model: Menampilkan model laptop HP Anda.
System SKU: Seringkali merupakan kode produk (Product ID).
Anda akan menerima pemberitahuan mengenai Warranty Status (Status Garansi) yaitu Active dan Expired.
Jika garansi perangkat masih berlaku tertulis Active (berwarna hijau).
Apabila masa garansi perangkat sudah habis maka muncul pemberitahuan Expired (berwarna merah).
Syarat Klaim Garansi Laptop HP
Laptop Masih dalam Masa Garansi
Umumnya garansi laptop HP berlaku selama 1 tahun sejak tanggal pembelian.
Struk, faktur, atau invoice dari toko resmi HP atau distributor sah.
Nama, tanggal pembelian, dan model laptop harus sesuai.
Nomor Serial dan Produk Masih Terbaca
Serial Number dan Product Number tidak boleh rusak atau hilang dari bodi laptop.
Nomor-nomor ini diperlukan saat proses registrasi atau klaim garansi.
Kerusakan Termasuk dalam Cakupan Garansi
Garansi mencakup:
Kerusakan hardware non-akibat kelalaian pengguna
Cacat pabrik, komponen yang gagal fungsi secara normal.
Tidak mencakup:
Kerusakan karena jatuh, tumpahan cairan, atau korsleting karena modifikasi.
Kerusakan akibat software atau virus.
Segel Garansi Tidak Rusak
Jangan membongkar atau memperbaiki laptop di tempat tidak resmi. Ini bisa membatalkan garansi.
Jika Anda masih ragu dan bingung mengenai status garansi laptop HP Anda, Anda dapat mengunjungi langsung Service Center Laptop HP terdekat di kota Anda.
Jika setelah dicek ternyata masa garansi laptop HP Anda sudah tidak berlaku, jangan khawatir.
Net Computer Depok siap membantu dengan layanan servis laptop HP bergaransi, cepat, dan terpercaya.