Saat ini banyak sekali jual beli laptop dari bekas atau baru dan dari yang murah hingga yang mahal. Dan kita bisa dapatkan dengan mudah ditoko komputer dan jika anda malas untuk pergi ke toko komputer anda bisa membeli laptop secara online, Semuanya tersedia kita hanya perlu menyesuaikan dana dan kebutuhan saja agar sesuai dengan ekspektasi kita.

Ketika kita membeli laptop kita akan mendapatkan kartu garansi agar sewaktu waktu bisa langsung ditangani oleh produk laptop tersebut.

Berbicara mengenai garansi, kita juga perlu mengetahui garansi distributor dan garansi resmi. Garansi resmi maksudnya laptop diimpor langsung dari perusahaan yang ditunjuk oleh produsen dan memiliki service center sendiri. Misalnya laptop Acer oleh perusahaan Dragon, Pazia dan Inovasi. Produk Asus oleh Astrindo, Datascript dan Metrodata.

Sedangkan garansi distributor yaitu kalau laptop diimpor oleh perusahaan tertentu tanpa ditunjuk oleh produsen namun mereka memiliki service center sendiri. Kartu garansi distributor bentuknya sama untuk semua laptop, bentuknya itu-itu saja.

Nah, bagi kamu yang belum tahu cara mengecek garansi laptop, simak beberapa langkah berikut ini:

Lihat Tanggal Pembelian Laptop

Hal yang harus pertama kali yaitu melihat tanggal pembelian laptop karena ini adalah salah satu cara tercepat untuk mengecek garansi laptop. Kalau kamu beli laptop bekas dan ternyata sudah dipakai selama 3 tahun sejak pembelian, maka garansi laptopnya sudah hangus. Hal ini karena garansi laptop biasanya hanya sampai 1-2 tahun saja, tidak lebih dari itu.

Periksa nota pembelian dan kartu garansinya. Garansi ini umumnya diberikan oleh pihak penjual yang menjadi penghubung dengan pihak vendor secara langsung.

Cek Garansi Laptop dengan Melihat Serial Number

Untuk teknis pengecekannya yang lain, kamu bisa mengecek garansi laptop melalui serial number (SN) pada bagian luar produk/dushbook.
Kamu bisa melihat nomer serial sekitar 10-15 digit yang terdapat pada barcode. Selain itu, kamu juga bisa melihat tulisan Warranty pada sisi sticker, kalau ada kode 2 M maka artinya masa garansi laptop yaitu 2 tahun sejak tanggal pembelian.

Cek Garansi Laptop Melalui Situs Online

Kalau sebelumnya dilakukan secara manual, maka cara ini bisa dilakukan secara online. Kamu bisa mengunjungi situs resmi vendor laptopmu dan mendaftar akun di sana. Setelah itu, kamu login menggunakan akun yang sudah dibuat tadi. Kemudian masukkan nomer serial laptopmu di form yang sudah disediakan.

Di bawah ini adalah artikel tentang mengecek garansi laptop menurut masing masing produk:

Mungkin cukup sekian penjelasan dari cara mengecek status garansi laptop. Jika anda sedang mencari laptop silahkan kunjungi toko kami di Net Computer Depok Ada banyak sekali macam macam produk laptop terpercaya dan berkualitas

0