Disamping Smartphone, laptop saat ini sudah menjadi barang yang dibutuhkan semua kalangan seperti pekerja dan mahasiswa maupun pelajar.

Sesuatu yang menyenangkan tentunya jika kita punya laptop yang cepat dan mampu menunjang aktifitas kita.

Masalahnya terkadang laptop yang kita punya tidak berjalan sesuai dengan harapan, salah satunya masalah yang terjadi yaitu laptop lambat/lemot yang tentunya membuat kita tidak sabar, emosi atau bahkan mungkin sampai stres.

Secara garis besar penyebab laptop lambat sendiri ada 2 yaitu masalah hardware dan masalah software.

Disini saya akan coba jelaskan beberapa poin mengenai penyebab laptop kamu menjadi lambat dan solusinya.

 

Masalah Hardware

Jual Beli SSD Net Computer

1. Kerusakan dan penurunan kondisi komponen laptop 
Seiring pemakaian laptop komponen-komponen laptop pun akan mengalami penuruan performa dan menuju kerusakan misalnya RAM dan Hardisk.

Untuk mengetahui apakah RAM laptop kamu bermasalah atau tidak kamu bisa menggunakan tool RAM diagnostic bawaan Windows seperti Windows Memory Diagnostic, untuk membuka Windows Memory Diagnostic Klik Run dan ketikkan perintah “mdsched.exe”.

Sedangkan untuk mengecek kondisi hardisk bisa dengan menggunakan HDD Sentinel.

Kamu dapat mendownload software HDD Sentinel disini

Jika setelah dilakukan pengecekan RAM atau hardisk kamu bermasalah solusi terbaiknya adalah menggantinya dengan yang baru.

 

2. Spesifikasi laptop yang kurang 

Setiap laptop tentu memiliki spesifikasi yang berbeda-beda pula.

Selain kerusakan komponen spesifikasi laptop yang rendah juga salah satu penyebab laptop yang lambat.
Solusi untuk masalah ini yaitu dengan upgrade hardware seperti menaikkan kapasitas RAM atau dengan mengganti Hardisk kamu dengan SSD (Solid State Drive).
SSD sendiri merupakan jenis dari komponen penyimpanan yang mempunyai performa access read and write yang lebih cepat dibandingkan hardisk biasa.

Untuk lebih banyak mengetahui tentang SSD kamu bisa baca artikel tentang SSD disini.
Dengan menaikkan kapasitas RAM dan mengganti HDD dengan SSD performa laptop kamu dapat menjadi lebih cepat dari sebelumnya.

Tapi perlu dicatat karena tidak semua laptop bisa diupgrade RAM dan Hardisknya, jadi pastikan dulu laptop kamu support untuk di upgrade RAM atau SSD nya.


3. Overheated
Masalah yang diakibatkan karena panas berlebih pada Processor dan GPU.

Biasanya ini terjadi karena sirkulasi udara pada lubang ventilasi dan heatsink yang tersumbat kotoran atau debu.

Solusi masalah ini yaitu dengan melakukan clean-up atau membersihkan kipas pendingin/heatsink laptop serta kamu bisa juga mengganti/menambahkan thermal paste pada processor.
Jika kamu masih ragu untuk melakukan clean-up sendiri, kamu bisa minta bantuan teman atau membawa ke tempat servis laptop di daerah kamu.

 

Masalah Software

Jika kamu telah melakukan pengecekan dan yakin hardware laptop kamu tidak bermasalah maka kemungkinan besar masalah berasal dari software laptop kamu, masalah-masalah dari software yang biasanya membuat lemot laptop kamu diantaranya adalah :

1. Virus dan Malware
Virus dapat menginfeksi dan merusak sistem operasi laptop kamu dan memakai resources yang harusnya digunakan oleh Sistem Operasi dan aplikasi sehingga laptop kamu menjadi lambat, solusi untuk masalah ini yaitu melakukan scanning pada laptop dengan antivirus atau re-instal Operating System.

Kamu bisa melakukan scanning menggunakan antivirus seperti Avast, Avira, AVG atau Smadav.
Jika setelah dilakukan scanning kondisi tidak membaik maka menginstal ulang Windows dalah cara terbaik untuk mengatasi masalah ini.

2. Terlalu banyak Aplikasi
Jika kamu menginstal banyak aplikasi pada laptop, akibatnya laptop akan menjadi lambat karena akan banyak proses yang dijalankan sistem baik secara langsung maupun melalui background process.

Solusi untuk masalah ini yaitu uninstal aplikasi-aplikasi yang jarang atau sudah tidak pernah kamu gunakan.
Kamu dapat men-uninstal aplikasi melalui Add and Remove Program. Caranya Klik Run pada start menu Windows dan ketikkan perintah “Appwiz.cpl”.

3. Overload
Masalah ini muncul jika penggunaan RAM dan Processor terlalu tinggi sehingga menyebabkan hardware bekerja sangat keras dan berakibat lag/hang.

Solusi untuk masalah ini adalah dengan menutup aplikasi yang tidak digunakan atau kamu bisa merestart laptop kamu agar kondisi laptop normal kembali.

4. Terlalu banyak File & Registry sampah serta kapasitas hardisk penuh.
Terlalu banyak file sampah dapat mengurangi space pada hardisk dan membuat sistem menjadi lambat, begitu juga jika banyak registry rusak bisa membuat sistem crash.

Solusi masalah ini kamu dapat lakukan dengan menginstal program seperti tune-up utilities atau ccleaner.

Program-program ini dapat otomatis mendeteksi file & registry yang tak berguna untuk kemudian menghapus dan memperbaikinya.
Atau kamu bisa menghapus file-file yang sudah tak terpakai  secara manual untuk menambah ruang kosong pada hardisk.

Demikian beberapa penyebab masalah yang membuat laptop kamu menjadi lambat, kamu dapat melakukannya sendiri atau jika kamu membutuhkan bantuan profesional kamu dapat  menghubungi kami di

atau kamu dapat datang ke toko kami di “Net Computer Depok” 

Ruko Satria I Lantai 2  Jl. Komjen.Pol. M.Jasin No.25-26 Kelapadua Depok https://g.page/net-computer-depok