Mungkin anda pernah mengalami kejadiaan dimana data (folder) didalam harddisk / flashdisk anda tiba –tiba berubah menjadi shortcutDan jika anda membukanya maka ada pesan error atau justru diarahkan ketempat lain (misalnya C:\Windows\system32) atau data didalam flasdisk anda lenyap sama sekali padahal kapasitas  di propertiesnya masih ada.

Tenang itu mungkin ulah dari virus yang sebenarnya tidak terlalu bahaya kecuali kita tidak tahu cara mengatasinya, sebenarnya file tersebut tidak hilang tapi hanya disembunyikan (hidden) dan dipindahkan oleh virus tersebut. Berikut beberapa langkah untuk mengembalikan data kita, Yang pertama dengan merubah pengaturan pada folder options

Pada windows explorer pilih tools-folder options (gambar 1.1)

Selanjutnya  pada Tab view, Check pada Show hidden files and Folder

Dan Uncheck pada Hide Extension For Known File System, dan Hide Protected Operating System Files (gambar 1.2)

Cara mengembalikan Folder yang hilang oleh virus

Itu dilakukan jika folder options masih aktif, bagaimana jika tidak, karena biasanya kalau virus sudah menyerang  sistem maka folder options akan di disable. Jika sudah begitu maka kita dapat menggunakan perintah pada command prompt, masuk pada Run dan ketikkan cmd dan ketikkan perintah berikut :

” attrib -s -h f:*.* /s /d ”

(attrib min s min h volume label drive  titik dua bintang titik bintang garis miring s garis miring d)

Perintah ini digunakan agar attribut hidden pada file. Huruf “F” disitu disesuaikan dengan Volume label drive yang ingin kita buka, misalnya kita ingin menghilangkan Atribut Hidden pada Flashdisk yang mempunyai Label (F).
Kemudian tekan enter dan tunggu hingga selesai.

Atau jika anda kesulitan dengan perintah diatas anda bisa menggunakan Antivirus Smadav untuk melakukan scanning pada Drive yang terinfeksi virus.

Selamat mencoba semoga berhasil dan data anda dapat kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>