Pada Posting kali ini saya akan menjelaskan cara flash bios untuk netbook acer aspire one zg5 tanpa menggunakan alat (flash programmer).

Acer Aspire One ZG5 adalah seri pertama netbook dari Acer, pertama kali lauching sekitar tahun 2008. Dengan layar 8 inch netbook ini dulu sempat menjadi pionir dari jenis laptop berukuran kecil karena dulu mayoritas laptop berukuran 12 inch keatas dengan dimensi dan berat yang kurang nyaman untuk dibawa. Namun dibalik kesederhanaan tampilan dan bentuknya netbook Acer Aspire zg5  mempunyai bug. Mayoritas netbook tipe ini sering mengalami kerusakan dan kegagalan pada sistem bios nya (corrupt), ciri-ciri jika netbook bermasalah pada biosnya yaitu netbook nyala tapi tidak ada
gambar tampilan / no display.

 

Jika anda punya uang lebih, tentu tidak susah untuk memecahkan masalah ini, anda tinggal membawa netbook ini ke tempat servis laptop terdekat. Namun bagi anda yang tinggal jauh dan sulit untuk menemukan tempat servis laptop baik dan tentu saja jika keuangan anda pas-pasan sehingga anda tidak ingin mengeluarkan biaya untuk memperbaiki Netbook tersebut anda dapat mencoba cara ini untuk mengembalikan Kondisi netbook ini agar bisa kembali ke keadaan normal.

Alat Yang dibutuhkan disini adalah :
1. Flashdisk/Flashdrive dengan kapasitas minimal 1 gb, untuk merk bisa apa saja yang penting flashdisknya normal

2. Format Ulang (Kosongkan) Flashdisk menggunakan format FAT.
2. File bios Acer Aspire One ZG5, bisa didownload disini
3. Adaptor atau charger netbook.

Berikut langkah-langkahnya :
1. format flashdisk yang akan kita pakai dengan file sistem FAT32,
2. Extract file bios yang telah didownload tadi ke dalam flashdisk yang telah kita kosongkan. Atau bila kita telah mengextract file tadi di tempat lain kita bisa mengcopynya secara langsung ke flashdisk tadi.
Untuk file biosnya harus ditempatkan tanpa folder didalam flashdisk (root directory)
3. Setelah selesai dicopy/di extract colokkan flash disk pada port usb sebelah kanan laptop atau disisi yang mana hanya terdapat 1 port usb
4. Lepas Baterai netbook anda, dan masukkan adaptornya
5. Sebelum dinyalakan / Power On tekan dan tahan tombol Fn+Esc
6. setelah tombol tadi ditekan selanjutkan kita nyalakan laptop (Power On), maka laptop lampu indikator netbook akan berkedip-kedip(blink) .
7. setelah itu tekan tombol power sekali lag i(ingat cuma sekali jangan sampai laptopnya mati), dan biarkan selama 30 detik (Tombol Fn+Esc masih ditekan) dan setelah itu lepaskan.
8. setelah itu netbook otomatis akan restart sendiri atau kalo setelah 10 menit belum restart bisa kita matikan dan hidupkan sendiri.
9. dan jika semua berjalan lancar insyaalloh netbook anda bakal hidup kembali.

Pengalaman saya 90% akan berhasil jika dilakukan dengan tepat.

Jika setelah beberapa kali percobaan Netbook anda tetap tidak dapat nyala, saya sarankan untuk membawa ke tempat servis langganan anda atau bawa ke Store Kami (Net Computer). Kami akan coba membantu agar Netbook anda kembali sehat seperti sedia kala.
Sekian yang bisa saya jelaskan mengenai  Flash Bios Acer Aspire One lewat Flashdisk semoga bermanfaat, jika ada yang ingin bertanya silahkan tinggalkan di Kolom komentar dibawah.

Selamat mencoba, Good Luck :);

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>